A little story.

One night,the moon said to me, "If he makes you cry, why don't you leave him?" I paused for a while and then I look back to the moon, and I said, "Moon, would you leave your sky?"

Senin, 24 Juni 2013

Silam dan Sekarang

Siapapun tidak akan suka dengan perpisahan, dalam bentuk apapun itu.
Kata orang, perpisahan adalah awal dari sebuah pertemuan yang baru. Karena ya memang seperti itu. Apalagi gue yang sebentar lagi akan pindah. Mudah memang pindah dari satu kota ke kota yang lain, tapi tidak dengan pindah hati. Gue masih harus menatanya pelan-pelan, membereskan apa yang masih berantakan dan berceceran dimana-mana. Masih banyak hal yang harus gue persiapkan.
Tapi, ya namanya juga waktunya udah datang.
3 tahun di BM itu enggak berasa. Gue baru ngerasa yang namanya MOS selama tiga hari dengan segala tetek-bengeknya yang merepotkan, apalagi dibagian mencari tanda tangan kakak OSISnya, dan harus menahan deg-deg-an takut di kerjain, eh gak lama gue udah diterima sebagai bener-bener siswi BM dan duduk lalu belajar dari pelajaran IPA sampe IPS di X4, gue udah ketemu sama UKK (Ujian Kenaikan Kelas) lalu gak lama udah berstatus anak Kelas 11 IPS 3. Di 11SOSIAL3 itu gue baru ngerasain yang namanya bener-bener jadi anak SMA. Ya dan disitulah cerita tentang si-senyum-selebar-bahu dimulai, hanya tidak sengaja memperhatikannya, lalu berujung di ketagihan memperhatikannya, sampe yang namanya pindah-pindah kamar pas Retret udah ngerasain. Ngerasa belum berapa lama gue duduk di bangku 11SOSIAL3 dengan teman sebangku yang bisa gue ajak becanda sampe gila-gilaan sampe udah gue bully pula, Stella Maris, gue udah ketemu sama seminar tentang kenaikan di kelas 12 beserta tentang kegiatan sebelum mengawali status Kakak Senior.
Hmm... kayaknya tuh baru beberapa bulan yang lalu gue ikut Pengenalan Kehidupan Bermasyarat di Jogja, dan gue pengen PKB lagi bareng kalian! Awal-awal kelas 12 yang terasa berat, dan ya, gue ternyata tetap pisah dengan si-senyum-selebar-bahu. Kenapa terasa berat? Setiap hari ketemu tugas sekolah dan setelahnya begadang sampe tengah malam buat ngejar laporan PKB dengan bergelas-gelas kopi di tengah malam, kalau enggak kayak gitu, laporan PKB bakal lama selesainya. Lalu, keesokan paginya bangun dengan mata yang beler.
Perasaan ya barusan gue masih sibuk-sibuknya pacaran dengan Try Out, ngalahin orang lagi kasmaran malah kayaknya. Baru kira-kira dua bulan yang lalu gue selesai menghadapi Ujian Akhir Sekolah dan selesai dengan Ujian Akhir Nasional, yang merupakan penghujung dari kehidupan gue di seragam putih abu-abu, lalu bertemu dengan libur 3 bulan. Ya, garis bawahi libur 3 bulan-nya. 3 bulan menjadi ‘pengacara’, pengangguran banyak acara. Ditambah lagi, sudah hampir dua bulan tidak mendapat uang saku karena sudah tidak sekolah.
1 minggu Ujian Akhir Sekolah, 1 minggu kemudian ketemu Try Out terakhir, langsung ketemu Ujian Nasional. How damn great my life! Bahkan, otak belum sempat narik nafas barang bentar, udah Ujian Nasional. Tapi Ujian Nasional tahun ini kayak berasa bukan Ujian Nasional. Gue sempet terharu sama Pak Wie, yang mukanya emang bertampang sangar tapi ternyata memiliki sisi yang lembut, kayak durian aja, luarnya penuh duri, tapi dalemnya ternyata lembut. Waktu itu, hari pertama gue ujian, dengan B.Indonesia di jam pertamanya. Beliau lagi berdiri di depan X2 dengan gaya sangarnya; dua tangan yang dilipat dibelakang punggungnya. Padahal tangga gue disebelah kanan, dan dia berada di dekat tangga sebelah kiri, gue sama Rara tetep ke arah dia terus minta restu. “Pak, doain ya!”ujar kami berdua dengan semangat. Terus beliau jawab sambil masih salaman, “Iya, pasti bapak doain!” sambil tersenyum! See? Sebenarnya beliau baik. Bahkan, waktu masih zaman-zamannya frustasi sama Try Out, pas Pelajaran Tambahan beliau, kami sekelas; XII SOSIAL 1, ngebully beliau, beliau tetap ikutan cengar-cengir dengan santai. Mungkin saat itu mood beliau sedang baik, coba kalau sedang tidak baik, sudah lain lagi cerita kami hari itu.
Oh ya, saat dimana semua guru yang menyatakan, “Sudah kalian ke sekolah bawa Detik-detik sama LKS aja.” Hanya Bu Ninik seorang yang masih setia dengan, “Pas pelajaran Ibu, kalian tetap bawa buku-buku Geografi yang lengkap ya!” Buku Geografi: Buku cetak yang kalau dilempar sanggup bikin anjing pingsan; LKS dan Detik-detikyang tidak bisa dipakai buat ngipas-ngipas, dan dua buku: Catatan & PS/PR. Tapi, buku cetak itu selalu menginap diloker kelas. Loker kelas hanya penuh dengan buku cetak Geografi hahah. Tapi, terima kasih Bu buat 3 tahun ngajar kami di pelajaran Geografi.
Tanggal 8 Juni 2013 lalu itu Prom Nite Budi Mulia Carnaval! Have a lot fun with them, apalagi pas diacara dugemnya hahah. Walau engga seberapa tapi ya segitu juga udah lumayan lah, walaupun juga banyak yang gamau turun ngedugem.
Tanggal 24 Mei 2013, seluruh angkatan #BM23, dinyatakan LULUS! Rata-rata nilainya juga bagus-bagus! Ternyata memang enggak sia-sia, kami semua dicekokin dengan segala macam Try Out dari berbagai tempat. CONGRATULATION #BM23!
Tanggal 20 Juni 2013 yang lalu, kami sudah cap 3 jari di atas ijazah dan cap 3 jari di buku Alumni! Sebentar lagi, gue bener-bener udah lepas dari status siswi gue, setelah terima ijazah :’)
Bener-bener enggak berasa loh 3 tahun di BM. Udah enggak ada lagi tuh, ke WC bergerombol padahal cuma buat ngeaca dan jalan-jalan, udah enggak ada lagi acara foto-foto pas jam kosong, udah enggak ada lagi yang namanya mampir di kelas-kelas sebelah juga pas jam kosong. Ah, gue jadi inget kalimat Bu-suk(esi) pas kita disuruh ngerjain Detik-detik, gue, Rara, Beatrix, Sasa, Denny sama Osha malah mojok di pojokan gue sama Rara buat maen tebak-tebakan merk di iPod gue, dan alhasil pas istirahat Fena yang tadi maju buat nanya, bilang, “Tadi si ibu bilang, ‘Itu berenam di belakang pasti lagi ngerjain yang lain.’” Memang sih kita beberapa kali diliatin si ibu hahah.
Seperti kata Denny: get in, get out together. And here we are! Kita semua masuk bareng dan keluar dari BM juga bareng-bareng!
Setelah libur, waktu gue banyak buat kemana-mana enggak kayak waktu sekolah yang ngerencanain mau kemana harus cek jadwal, duh berasa orang sibuk kan? Pas sekolah bener-bener ngarepin yang namanya libur atau ya minimal, jam kosong selama beberapa jam, pas udah libur? “BM yuk, maen-maen di BM lagi.” Atau engga “Kangen BM. Bukan kangen pas pelajarannya sih.” Yah begitulah cerita anak SMA. Setelah libur lama, malah kangen sekolah.
Banyak cerita yang gue dapetin di BM, banyak temen juga yang gue dapetin, dan terlebih lagi banyak gosipan hahaha :)))) dari zamannya masih malu-malu sampe udah nggak tau malu lagi itu.
Oh ya, dikelas 12 ini gue bersyukur banget bisa kenal dan bareng dengan 14 orang kesayangan ini. *itungan 15 udah temasuk guenya :3*
Dari gerombolan 15& *maksudnya isinya ada 15 orang dikelompok* ada:
a. Gue, Maria Claudia, dan Caecilia Dian memutuskan untuk kuliah di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta kami bertiga berada dijurusan yang sama, Management. Dengan Merdut teman satu gedung kost-an, dengan pintu kamar yang saling berhadapan *lol*, dan gedung kost Tiwi berada satu gang sebelum gue. Yak, gue dan Merdut yang bareng sama Mbak Tiwi, otaknya enggak bakal bener isinya nih *lol*.
b. Siti Aminah ini nih yang memuja-muja Persija, suda diterima di UNPAD jurusan IlKom lewat SMNPTN! Wohoo~ daebak, Sit! <3
c. Maria Patricia a.k.a Rara, temen sebangku gue sampai UN, yang galaunya kadang sampai tingkat camat ini sebenernya udah diterima di UNPAD juga tapi IlPol dan dia gamau-_- dia maunya IlKom kayak Siti, jadi dia mau nyoba peruntungannya di IISIP.
d. Anastasia Ria ini nih yang paling tua diantara kita semua, tapi otaknya kalau udah ngeloading udah kayak siput lagi nyebrang, dia mau mencoba peruntungannya di Universitas Veteran *jurusan opo mbak? Eh serius, entah gue yang gatau apa gue yang lupa, gue gatau Ria masuk jurusan apa._. maap ya mbak Ria :3*. Menurut sumber gue yang entah bener apa engga yang menurut dia juga kalau enggak salah, Ria ambil jurusan komunikasi juga._.
e. Beatrix Imanuella ini nih yang rumahnya tinggal satu komplek sama gue, di terima di BHI jurusan yang masak-masak, pokoknya yang berhubungan sama dapurnya. Kepanjangannya opo teh Bet? Bogor Hotel Institute kalau enggak salah._. Entar Beatrix kerjasama sama Melisa Karnadi, soalnya dia ambil managementnya *sok tau banget gue*
f. Maria Larasati........................ dia galau mau dimana, hati aja dia masih suka galau. Dan gue gatau dia mau masuk dimana. Buruan nyari kampus Mia! Oh ya, dia pengen ngambil jurusan BK.
g. Anggi Krist yang suka ngaku-ngaku sodaraan sama Raisa dan ngakunya dia yang diiklan kopi luwak, padahal dia Luwaknya, udah diterima di UNJ lewat SNMPTN jurusan BK juga! Daebak, Anggi! Kalau engga keterima, gini dia ke Solo. Kan deket tuh sama gue, Merdut, sama Tiwi hahaha. Nah si Raiso ini nih sama Mia bercita-cita mau buat sekolah bareng *amin*. Nanti anak-anak kita sekolah dikalian ya biar dapet potongan :p
h. Inggrid Dosi nih ya kadang-kadang 11-12 sama Ria kalau udah soal ngeloading. Kalau mau ngobrol sama Dosi, jangan gampang ganti topik, ntar yang ada otak dia nyasar dimana-mana, nah dia barusan selesai ikut SBMPTN lalu sebentar lagi akan berjumpa dengan SIMAK, ya dia mengejar UI jurusan opo toh Dos? ._.
i. Aulia Mustika, pesek kami ini nih udah diterima di IKJ, Institut Kesenian Jakarta, dengan jurusan bagian perfilm-an. Aul, kalau lo mau buat film, lo udah punya artis-artinya loh. Iya, kita-kita ini avalaible buat jadi artis lo hahaha :p
j. Fena Feliana ini nih yang nama pacaranya juga Fransiskus Ferdian (FF) dan yang tanggal jadiannya tanggal 21 dan sekarang udah masuk bulan ke 6 yang berarti tinggal 3 bulan lagi udah mau lahiran, eh bukan maksudnya yang berarti semoga aja mereka bakal langgeng soalnya bakal nemu dimana lagi yang udah jodoh dari MOS dan namanya kalau disingkat sama gitu, udah diterima di Universitas Tarumanegara jurusan Psikolog *jurusan incaran gue nih. Cuma enggak diterima di Sanata Dharma, jadinya nyasar di Management, tapi gapapa bareng yang lain juga* kalau udah jadi Psikolog, jangan kebanyakan lemotnya Fen. Ntar dikerjain orang lain mau-mau aja lagi ._.
k. Herlina Smile ini nih cerita orang mirip sama Fena Feliana dari depan, belakang, samping kiri, samping kanan, juga ada mirip-miripnya. Dan ngomong-ngomong................. lo kuliah dimana, Her? Jangan kerja mulu-_- diantara kita ber15, dia yang udah dapet kerja selama liburan dan udah dapet 2x gaji. Trus bentar lagi dia udah mau gajian yang ke-3 + THR. Gila! Daebak lo, Her! Salut gue! ({}) menurut sumber gue *baca: Merdut* Her masuk di Kesatuan, kayaknya akuntansi._.
l. Sandra Aprilia ini nih kayaknya abu-abu kayak minidress dia pas prom kemarin dan yang enggak ikutan cap 3 jari kemarin udah jalan ke Cirebon. Cepatlah pulang, San kami menantimu nak! ({})
m. Patrick *nama belakang lo ya Pet, gue sampe copy dari display name Twitter lo ._.* Leiwakabessy ini nih, pacarnya Sandra Aprilia yang semoga saja kalian langgeng sampe kakek nenek, yang tanggal jadiannya tanggal 15 ini nih trus harusnya mereka udah lahiran bulan ini, soalnya udah masuk bulan ke 9, udah diterima di UMN, Tangerang. 
Wah, bentar lagi kita udah mau punya keponakan nih dari Fena& Ferdi sama Sansan&Patrick! *diskip aja bagian yang ini sebelum kalian makin enek bacanya*


Kita semua kuliahnya berpencar dimana-mana :’) ditambah lagi bentar lagi gue, Merdut, Tiwi, udah bakal move ke Jogja dalam waktu dekat ini dan udah mau menetap disana. Duh, rasanya bener-bener bakal kangen banget, padahal gue bareng mereka semua ini baru dikelas 12 ini. ini semua berkat Beatrix! Kalau gue enggak kenal Beatrix, gue mungkin enggak bakal bisa bareng mereka :’) libur lama gini aja ya, enggak bareng sama mereka aja udah berasa kangen banget. Udah biasa soalnya di sekolah bareng-bareng mulu :’))
Kamu sangat berarti, istimewa di hati, slamanya rasa ini, jika tua nanti kita tlah hidup masing-masing, ingatlah hari ini ~~ :) :)
Dan ya, perjalanan 3 tahun gue di  BM sebagai siswi di angkatan 23 udah selesai. Jadi, gue sudah harus mulai untuk melupakan si-senyum-selebar-bahu, meskipun udah 1 tahun gue mendem. Kan enggak mungkin juga gue tiba-tiba ungkapin. Itu awkward banget, serius-_- Jadi, yasudah, dia enggak perlu tahu, meski beberapa temannya yang dekat sama gue udah tahu............ -_- tapi, gue percaya sama mereka, kalau meereka enggak bakal omong-omong lagi :)
Hukuman tidur di lapangan kalau telat itu juga bagus buat dilanjutin, apalagi dengan tugas bikin artikel pake bahasa Inggris satu halaman folio itu keren! soalnya kita udah enggak bakal ngerasain lagi muehehehe :)))
Thanks for X4, my first class at BM; Thanks for XI Social 3 for accept me to be part of you; last, thanks for XII Social 1 for one years of togetherness, and a one-year struggle to pass the Exam Schools and the National Examination together. Yeah, thanks a lot for our story since 3 years ago. Gonna miss you, #BM23! Stay healthy whenever you are ya!
Terima kasih juga untuk semua KepSek, guru, dan karyawan di BM yang udah dengan sabar ngeladenin anak-anak #BM23 yang nakalnya suka bikin orang geleng-geleng kepala dan ngurut dada supaya sabar, dan masih setia masuk di kelas buat ngajar, apalagi buat Sir Wied, jangan makin jayus ya sir hahah -_- kita udah gak bakal ketemu lagi kok Sir sampe pas reunian ;;)
See you soon, guys!

-with a bunch of love from writer-

Fin.

1 komentar:

  1. wah jahat saya dilupakan ._. wakaka bener kaka gua ambil komunikasi di UPN Veteran :)

    BalasHapus